hotel tertua

5 Hotel Tertua Di Indonesia

Hingga saat ini, masih ada beberapa hotel yang berumur tua di Indonesia bekas peninggalan penjajahan yang masih beroperasi. Apa saja nama-nama hotel tersebut?

Tampil dengan arsitektur Eropa klasik. Banggunannya pun tetap berdiri kokoh dan sangat terjaga, meski tentunya sudah mengalami renovasi. Berikut ini adalah nama-nama hotel tua di Indonesia bekas peninggalan masa penjajahan yang masih beroperasi hingga saat ini.

1 Hotel Salak, Bogor

hotel tertua

Hotel Salak yang terletak di Kota Hujan atau Kota Bogor ternyata sudah berdiri dari tahun 1856 sejak masa penjajahan Belanda.

Hotel Salak adalah situs hotel tertua di Kota Bogor yang telah mencatat sejarah dan menjadi saksi perjalanan sejarah Kota Bogor dari zaman penjajahan Belanda, Jepang, Orde Lama, Orde Baru, Reformasi, dan kini telah sampai pada zaman Indonesia sekarang.

2. Hotel Sriwijaya, Jakarta

hotel tertua

Hotel Sriwijaya ternyata sudah berdiri sejak tahun 1863. Tempat ini adalah hotel tertua di DKI Jakarta yang terletak di pojokan Jalan Veteran dan Jalan Veteran I, Jakarta Pusat.

Selama sembilan tahun, toko kue CAW Cavadino berkembang. Pada tahun 1872 toko kue CAW Cavadino beralih fungsi menjadi Hotel Cavadino. Banyak orang Belanda maupun Eropa lainnya yang bermukim di hotel ini.

3. Hotel Savoy Homann, Bandung

hotel tertua

Hotel Savoy Homann sudah berdiri sejak tahun 1971. Pada tahun 1955 saat Bandung menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika, para delegasi menginap di hotel tersebut.

Sejak dahulu hingga kini, Hotel Savoy Homann menjadi tempat persinggahan tokoh-tokoh penting dunia.

4. Hotel Inna Garuda, Yogyakarta

hotel tertua

Hotel Inna Garuda yang di bangun pada tahun 1908 dengan nama Grand Hotel De Djokdja. Berusia lebih dari satu abad, hotel tersebut di ketahui sudah pernah ganti nama sebanyak enam kali.

Hotel Hotel Inna Garuda terletak di ujung jalan Malioboro, yang juga tidak jauh dari Keraton, Alun-Alun Kidul, Mall Malioboro dan tempat wisata lainnya.

5. Hotel Majapahit, Surabaya

hotel tertua

Berbicara soal hotel tua, tentu saja tidak lengkap jika belum membahas Hotel Majapahit yang menjadi saksi sejarah melawan penjajah. Hotel ini menyimpan nilai sejarah yang hendak di pertahankan oleh Pemerintah Daerah Surabaya. Gedung hotel dibangun tahun 1910.

Hotel Majapahit yang berlokasi di Jalan Tunjungan Nomor 65, Surabaya, Jawa Timur. Tempat ini juga sempat berganti nama beberapa kali dan menjadi saksi Pertempuran Surabaya saat namanya masih Hotel Yamato. Pada 19 September 1945, para pejuang merobek bendera Belanda yang masih berkibar di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.