Dampak Covid 19 Terhadap Harga Hotel

Covid19 dampakcovid Hotel Hoteldiskon

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling penting di indonesia untuk perekonomian negara. bedasarkan data yang ada kontribusi dari sektor pariwisata terhadap Produk DOmestik Bruto sebesar 4,80%.

Dampak corona di indonesia menghantam beberapa sektor di indonesia seperti sektor perdagangan, pariwisata, transportasi dll. Sektor pariwisata di indonesia menjadi yang terbilang parah terkena dampak korona, menyebabkan banyak sektor pariwisata yang harus memutar otak supaya perusahaannya tetap bertahan di masa pandemi.

Hotel merupakan yang terdampak juga karena sektor pariwisata sangat erat kaitannya dengan hotel. Hotel harus memikirkan banyak cara supaya dia tidak sepi, tutup maupun bangkrut, salah satu yang dilakukan adalah dengan membuat diskon besar besaran terhadap customer.

Bedasarkan informasi yang beredar di sosial media baru baru ini, sejumlah hotel memberikan paket diskon yang sangat besar. Ada yang menawarkan paket Work From Hotel mulai dari harga 800 ribu untuk menginap selama 7 hari sampai 3 juta untuk 30 hari, dengan beberapa fasilitas yaitu laundy, kolam berenang, dan pembersihan kamar dua kali seminggu.

Salah satu contoh hotel yang menawarkan diskon yaitu, Grand Inna Malioboro di Yogyakarta dengan paket yang ditawarkan di harga 825.000/nett dengan makan pagi, siang, dan malam untuk 2 orang. Jika tinggal selama 7 hari maka mendapat harga 700.000/malam, 14 hari dengan harga 600.000 dan satu bulan 500.000 dengan tambahan 250.000/orang

Contoh di atas merupakan salah satu yang dilakukan oleh banyak perusahaan di sektor pariwisata agar usahanya tidak bangkrut. walaupun sudah banyak hotel memberikan harga diskon tetapi masih kurangnya customer yang dateng ke hotel dikarenakan adanya banyak penyekatan di daerah daerah yang membuat para wisatawan kesulitan dalam berpergian antar kota,dan berdampak tidak sedikit hotel terpaksa harus tutup karena sudah tidak sanggup untuk membayar kebutuhan hotel tersebut dimulai dari listrik, sewa tanah, air, biaya operasional sampai gaji  karyawan.

Maka dari itu peran pemerintah dalam menangani hal tersebut adalah dengan menyiapkan dana belanja miliyaran rupiah untuk sektor pariwisata.  Pemerintah juga berharap dengan adanya dana tersebut sektor pariwisata bisa bangkit dan ekonomi indonesia bisa pulih kembali.

Ketidakpastian pandemi di indonesia dan seluruh dunia membuat pelaku usaha kususnya di sektor pariwisata pesimis terhadap keberlanjutan usahanya, banyak pengusaha sudah meminjam uang ke bank untuk keberlanjutan usahanya tetapi tidak ada efek yang signifikan terhadap usahanya dikarenakan keadaan yang masih tidak jelas kapan berakhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *